Thursday, August 2, 2012

UKG Online UPTP Parungpanjang 2012

No comments:
SDI Nida El-Adabi| Pada tanggal 1 Agustus kemarin guru-guru yang bersertifikat melaksanakn Uji Kompetensi Guru atau di singkat UKG. Guru SD Islam Nida El-Adabi yang namanya masuk daftar peserta UKG Online tahun ini Leli Fatimah,S.Pd.I, Warsih,S.Pd.I, dan M.Rochanda,M.Si. Ujian berlangsung dari pukul 07.00 pagi samapai selesai secara bergiliran. 

Banyak catatan dalam UKG online tersebut, diantaranya tidak semua guru familiar dengan komputer dan sistem online, sosialisai yang minim, dan kecilnya rata-rata nilai yang di peroleh peserta UKG. Tapi terlepas dari catatan-catatan tadi UKG merupakan proses awal pemetaan jangka panjang untuk peningkatan kompetensi guru, terutama guru-guru yang sudah bersertifikasi.

 Hasil UKG tidak berpengaruh terhadap tunjangan

Sebelumnya beredar isu bahwa UKG merupakan seleksi ulang kompetensi guru bersertifikasi, karena menurut survey yang beredar bahwa kinerja guru bersertifikasi tidak membawa perubahan signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan. Sehingga guru yang memperoleh nilai UKG di bawah standar akan di tarik kembali tunjangan sertifikasinya.

Seperti yang dikutip harian online kompas.com:
Demikian temuan sementara dari hasil survei yang dilakukan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mengenai dampak sertifikasi profesi guru terhadap kinerja guru. "Kami baru mengolah data survei 16 dari 28 provinsi yang diteliti.
 

Hasilnya sudah menunjukkan jika kinerja guru yang sudah disertifikasi belum meningkat secara signifikan. Kenyataan itu perlu dicermati supaya tujuan peningkatan mutu dan profesionalisme guru usai sertifikasi benar-benar tercapai," kata Unifah Rosyidi, Ketua Pengurus Besar (PB) PGRI di sela-sela halal bihalal keluarga PB PGRI di Jakarta, Selasa (6/10).

Tentu isu akan di tarik kembali tunjangan bagi guru bersertifikasi di atas sangat mengganggu, namun demikian ternyata isu tersebut tidak benar, seperti yang di ungkapkan menteri pendidikan dan kebudayaan M.Nuh yang kami kutif dari harian online Detik.Com:

"Uji kompetensi guru tidak akan mempengaruhi kesejahteraan yang didapatkan sebelumnya. Ini tidak ada hubungannya dengan tunjangan," ujar Mendikbud M Nuh.

Hal tersebut dikatakannya usai melakukan inspeksi UKG di SMPN 19, Jalan Bumi, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (30/7/2012).

Menurut Nuh, hadirnya UKG merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas para pengajar. "Agar guru menjadi tahu kompetensinya. Ini hanya sekedar pemetaan," terangnya.

No comments:

Post a Comment

Peta Situs

Blog Guru

Entri Populer

Desain Oleh :