Saturday, May 25, 2013

Bank Soal UTS,UAS, UKK SD

No comments:
Bank Soal UTS,UAS, UKK SD| Sebagai tendik pasti membutuhkan soal-soal, baik soal uts, soal uas, atau soal UKK untuk bahan latihan siswa, uji kompetensi atau suplemen les private (heheh). Karenanya ada baiknya seorang guru memiliki simpanan soal yang disimpan dalam Bank soal sekolah. 

Dan Bank Soal tersebut hanya bisa diakses oleh guru sekolah bersangkutan, kecuali sekolah sudah menyelenggarakan e-learning model siswa dibolehkan mengaksesnya tentu dengan Id dan waktu terjadwal. Selama ini saya belum menemukan link website sekolah yang mempunyai direktori bank soal, sekalipun ada tapi tidak dikelola denganbai bahkan boleh dibilang sekedar ada.

Bank soal ini akan sangat berguna sekali untuk arsip sekolah, dan bahan evaluasi perkembangan siswa, karena dari soal-soal yang diberikan akan diketahui bobot materi dan korelasinya terhadap proses pengajaran oleh guru, apakah sudah sesuai dengan standar atau tidak?

Bank soal juga akan menjadi bahan evaluasi bagaian akademik terhadap guru, apakah soal yang dibuat tahun ini muncul kembali ditahun berikutnya? Jika muncul berapa presentasenya? Ini akan mencegah pola-pola plagiarisme dalam pembuatan soal-soal.

Entitas Bank Soal UTS,UAS, UKK SD terdiri dari guru, panitia ujian, bagian akademik, dan siswa. Prosesnya, guru membuat soal sesuai surat tugas yang diberikan oleh panitia ujian (ujian semester), soal diserahkan ke bagian ademik untuk diperiksa kesesuaianya, kemudian soal akan disimpan dalam direktori soal dalam sebuah sistem, sedangkan siswa akan mengaksesnya ketika diberikan hak akses sesuai jadwal misalnya ketika menghadapi ujian semster.
 
Dan proses detail dari entitas bank soal tersebut bisa dikembangkan lebih rinci oleh sistem manajemen informasi sekolah.

Soal akan dikualifikasikan berdasarkan kategori, yaitu soal ulangan tengah semester (UTS), soal ulangan akhir semester (UAS) dan UKK. Jika ingin lebih rinci lag dibuat semester 1 dan semester 2 yang didalamnya ada mid semester. Soal juga dikualifikasikan berdasarkan periode (tahun akademik, tahun ajaran), dikualifikasikan berdasarkan kelas.

Ketika proses pengaksesan maka, strukturnya adalah nama soal, kategori, periode, kelas. Jadi pengakses bisa mencari soal berdasarkan kategori uts, uas, ukk. Berdasarkan periode tahun ajaran. Berdasarkan kelas.

Sistem Bank Soal UTS,UAS, UKK SD
Kita bisa mengelola soal-soal menggunakan PHPMyAdmin, dan untuk aplikasinya kita bisa menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman, atau juga CMS seperti moodle, Joomla, Drupal dan lainya. Dan ini bisa dibuat secara gotong royong oleh guru (yang mengerti IT).


No comments:

Post a Comment

Peta Situs

Blog Guru

Entri Populer

Desain Oleh :