Saturday, May 25, 2013

Tiga Kompetensi Dasar Yang Harus Dimiliki Seorang Guru

No comments:
SDI Nida El-Adabi| Tiga Kompetensi Dasar Yang Harus Dimiliki Seorang Guru terdiri dari wawasan kebangsaan, intelegensia umum dan karakteristik pribadi. Masing-masing kompetensi tersebut berkaitan dan sangat berguna ketika berhadapan dengan proses KBM.Untuk rekan guru yang pernah ikut CPNS ketiga kompetensi dasar tersebut akan menjadi tes yang harus diselesaikan dengan jawaban yang benar jika ingin lulus seleksi dan masuk menjadi nominasi CPNS. Dan artikel kali ini tidak ada hubunganya dengan tes CPNS, melainkan bagaimana seorang guru sebaiknya mengetahui kompetensi dasar yang harus dimilikinya.

Kompetensi wawasan kebangsaan
Kompetensi ini meliputi pengetahuan dan pemahahaman terhadap pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI (melputi sistem tata negara bangsa Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan bangsa dalam tatanan regional dan global, dan kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar).

Kompetensi intelegens umum
Kompetensi ini dimaksudkan untuk menilai kemampuan verbal, yaitu kemampuan untuk menyampaikan informasi baik lisan maupun tulisan. Kemampuan numerk yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka. Kemampuan berfikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis. Dan kemampuan berfikir analitis yaitu kemampuan mengurai sutau permasalahan secara sistematik.

Kompetensi karakteristik pribadi
Kompetensi ini akan memperlihatkan integritas diri seorang guru, semangat berprestasi, orientasi pada pelayananan (service), kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas. Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, kemampuan bekerjasama dalam kelompok, menggerakan dan mengkooridinir orang lain, orientasi pada orang lain. Serta kreativitas dan inovasi.

Dengan mengetahui Tiga Kompetensi Dasar Yang Harus Dimiliki Seorang Guru tersebut diharapkan guru mampu menjadi guru yang good dan excellent. Syukur-syukur bisa menjadi guru yang super. Seperti apa guru super, excellent dan good tersebut? Kita akan membahasnya pada tulisan berikutnya.

Salam,
Mulyadi Tenjo

No comments:

Post a Comment

Peta Situs

Blog Guru

Entri Populer

Desain Oleh :